Capaian pembelajaran Program Studi Penyuntingan Audio dan Video terdiri atas 4 aspek yaitu: Sikap, Pengetahuan, Ketrampilan Umum dan Ketrampilan Khusus. Capaian pembelajaran tersebut mengacu pada standar capaian pembelajaran KKNI dan telah memiliki kesetaraan dengan jenjang kualifikasi KKNI khususnya level 4 yaitu jenjang setara pendidikan D2. Berikut adalah penjabaran masing-masing aspek capaian pembelajaran Program Studi Penyuntingan Audio dan Video.

  • Standar Sikap
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  • Standar Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
  10. Mampu mengembangkan diri dan bersaing ditingkat nasional;
  11. Mampu mengimplementasikan prinsip keberlanjutan (suistainability)dalam mengembangkan pengetahuan;
  12. Mampu mengiplementasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam konteks pelaksanaan pekerjaan;
  13. Mampu menerapkan kewirausahaan dan memahami kewiraushaan berbasis teknologi;
  • Standar Pengetahuan
  1. Menguasai konsep teoritis secara umum prinsip dasar rekayasa dan multimedia;
  2. Menguasai pengetahuan pemanfaatan aplikasi pengolah gambar;
  3. Menguasai pengetahuan pemanfaatan komputer dengan berbagai macam platform Sistem Operasi;
  4. Menguasai konsep teoritis secara umum dasar komputer;
  5. Menguasai konsep teoritis secara umum dasar pengolahan audio dan video;
  6. Menguasai konsep teoritis secara umum dasar fotografi;
  7. Menguasai pengetahuan tentang basis data dan halaman front end dari sebuah website;
  8. Menguasai pengetahuan konsep dasar logika dan algoritma pemrograman baik terstruktur maupun berorientasi obyek;
  9. Menguasai konsep teoritis secara umum dasar pengembangan game dan animasi;
  • Standar Ketrampilan Khusus
  1. Mampu menerapkan prinpsip dasar multimedia dalam menyelesaikan suatu permasalahan;
  2. Mampu menerapkan kemampuan pengolah gambar sesuai peruntukan;
  3. Mampu menerapkan kemampuan dasar Sistem Operasi dalam setiap pekerjaan;
  4. Mampu menerapkan kemampuan dasar komputer;
  5. Mampu menerapkan dasar pengolahan audio dan video menjadi produk yang bermutu;
  6. Mampu menerapkan teknik kemampuan dasar fotografi untuk menghasilkan foto yang berkualitas;
  7. Mempu menerapkan bahasa pemrograman web dalam membangun front end dari suatu website;
  8. Mampu mengaplikasikan database dalam pengembangan suatu website;
  9. Mampu menerapkan dan mengaplikasikan kebutuhan multimedia yang tersambung dalam jaringan;
  10. Mampu menerapkan algoritma pemrograman dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada;
  11. Mampu menerapkan rancangan sebuah game menjadi sebuah produk game;
  12. Mampu menerapkan dasar multimedia dan pemodelan 3D untuk menunjang dalam pengembangan game dan animasi;