Bimbingan Teknis Penyusunan Dokumen Permohonan Paten Dosen Vokasi

PAV News, Selasa, 25 Juli 2023. Program Studi Penyuntingan Audio dan Video (PAV) Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar yang diwakili oleh Koordinator Program Studi (Moch. Kholil, S.Kom, M.T.) mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Dokumen Permohonan Paten Dosen Vokasi tahun 2023 di Hotel Platinum, Surabaya. Kegiatan yang dilaksanakan pada Senin – Selasa (24-25 Juli) ini diikuti oleh 30 dosen vokasi dari seluruh Indonesia. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan bimbingan teknis yang telah dilaksanakan secara daring pada Senin (17/7/2023).

Pada pembukaannya, Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi, Beny Bandanadjaja menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan jumlah paten yang ada di perguruan tinggi vokasi. Pada kegiatan ini, para peserta akan diasistensi untuk menyusun dokumen paten, mengingat penyusunan dokumen merupakan langkah pertama dari permohonan paten.

“Keuntungan memiliki paten yang hidup (digunakan oleh industri) itu sangat banyak, mulai dari kum hingga finansial. Karena itu, yang kita harapkan, sejak awal penelitian dosen bisa memperhatikan apakah penelitiannya dapat digunakan oleh industri atau tidak. Jangan sampai kita meneliti yang tidak ada potensi untuk dipakai oleh masyarakat.” Ujar Beny.

Workshop Model PBL Pada PTPPPV

PAV News, Rabu, 21 Juni 2023. Program Studi Penyuntingan Audio dan Video (PAV) Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar yang diwakili oleh Koordinator Program Studi (Moch. Kholil, S.Kom, M.T.) mengikuti kegiatan Workshop Model Pembelajaran Berbasis Proyek/Project Based Learning (PBL) yang diselenggarakan oleh Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi di Politeknik Eletronika Negeri Surabaya (PENS). Pada kegiatan ini seluruh peserta diajak berdiskusi, belajar, dan menyusun Rencana Pembelajaran Semester (RPS), Rencana Pelaksanaan Proyek (RPP), dan Rubrik Penilaian sebagai komponen penting dalam PBL yang telah disesuaikan dengan mata kuliah yang menerapkan model PBL.

Sumber: (Dokumen Pribadi)

Berdasarkan KEPMENDIKBUD Nomor 3 Tahun 2021 tentang Indikator Kinerja Utama (IKU) 7 bahwasannya jumlah prosentase mata kuliah S1 dan D4/D3/D2 yang menggunakan metode pembelajaran pemecahan masalah kasus (case method) atau pembelajaran kelompok berbasis project (team-based project) sebagai sebagian bobot evaluasi. PBL menurut Grant(2022)  merupakan model pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa untuk melakukan suatu investigasi yang mendalam terhadap suatu topik.