PAV News. Program Studi Penyuntingan Audio dan Video (PAV) Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar pada Rabu, 12 Juli 2023 menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM). Tajuk PkM kali ini tentang Penerapan Teknologi Raspberry Pi pada pembuatan sistem keamanan sekolah di Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Maarif Udanawu (MA Maarif Udanawu), tepatnya pada jurusan rekayasa perangkat lunak. Menurut Bpk. Heri Priya Waspada, M.T, selaku ketua PkM menjelaskan bahwa tujuan PkM  ini adalah berbagi dan mengembangkan ilmu tentang teknologi dengan melatih siswa-siswi di MA Maarif Udanawu. Selain itu, juga bertujuan untuk meningkatkan sinergitas antara AKN Blitar dengan MA Maarif Udanawu khususnya prodi PAV dengan sekolah. Gunawan selaku Koordinator Keterampilan di MA Maarif Udanawu menyampaikan bahwa sekolah menyambut terlaksananya PkM ini, memberikan apresiasi dan membuka peluang untuk terjalinnya kerjasama yang saling menguntungkan antara AKN Blitar dengan MA Maarif Undanawu di masa depan.

PkM ini membekali siswa-siswi di MA Maarif Udanawu yang memilih jurusan keterampilan rekayasa perangkat lunak untuk merancang sistem keamanan sekolah otomatis yaitu Truncy Alarm (Alat Keamanan Sekolah Menggunakan Raspberry Pi). Kebetulan, MA Maarif Udanawu mendapatkan hibah dari Samsung berupa dua paket sistem teknologi Raspberry Pi dalam ajang Samsung Innovation Campus. Pelatihan ini dipandu oleh Bpk. Moch. Kholil, S.Kom., M.T dan dibantu oleh fasilitator Bpk. Rafika Akhsany, MT. Proses pelatihan berjalan dengan lancar dan sukses berdasarkan antusiasme peserta dan keberhasilan peserta dalam merakit programnya.

Dalam memanfaatkan teknologi Raspberry Pi, MA Maarif Udanawu bersinergi dengan Prodi PAV AKN Blitar dengan mengembangkan sistem keamanan sekolah otomatis. Harapannya, kedepan sinergi antara AKN Blitar dan MA Maarif Udanawu akan semakin erat dalam bidang Tridharma Perguruan Tinggi, dosen tamu dalam bidang rekayasa perangkat lunak (RPL), teknik komputer dan jaringan (TKR), dan desain grafika (msm).

PkM Prodi PAV di MA Maarif Udanawu: Penerapan Teknologi Raspberry Pi pada Sistem Keamanan Sekolah

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *