PAV News- Jum’at, 18 Agustus 2023. Program Studi Penyuntingan Audio dan Video (PAV) melakukan uji coba aplikasi Asesmen dan Layanan Konseling berbasis Neuro Lingustic Programming (SILAKON-NLP) kepada guru Bimbingan dan Konseling SMK Negeri 1 Kademangan. Kegiatan ini merupakan bagian dari Pengabdian Kepada Masyarakat bekerja sama dengan Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) SMK se-Kabupaten Blitar. Dalam sambutannya, Risma Listiawati, S.Pd., ketua MGBK SMK Kabupaten Blitar mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai tindaklanjut dari kerjasama antara AKN Blitar dan MGBK yang diwujdukan dalam pembuatan aplikasi NLP untuk membantu proses pelayanan konseling bagi guru BK.

Dalam kegiatan ujicoba aplikasi SILAKON-NLP tersebut, diikuti oleh 8 orang guru BK SMK Kademangan. Ujicoba aplikasi ini bertujuan untuk melihat tingkat keramahan dan kemudahan penggunaan aplikasi dalam praktek konseling ketika aplikasi diterapkan (user experience) dalam proses pelayanan konseling di instansi sekolah. Diskusi dan evaluasi tentang user experience aplikasi SILAKON-NLP ini menghasilkan beberapa rekomendasi untuk perbaikan aplikasi, sebelum dilaunching dan diimplementasikan kepada seluruh sekolah SMK baik negeri maupun swasta di kabupaten Blitar. Rafika Akhsani, M.Kom., selaku ketua tim Pengabdian kepada Masyarakat mengatakan bahwa ujicoba aplikasi ini berguna untuk menyesuaikan dan menyatukan persepsi antara pengembang aplikasi dan pemakai aplikasi, sehingga harapannya aplikasi yang dibuat kedepan dapat dimanfaatkan dengan baik dan memudahkan pekerjaan guru BK dalam melakukan pelayanan.

Aplikasi SILAKON-NLP merupakan aplikasi asesmen dan layanan konseling yang dikembangkan berdasarkan ilmu bahasa pemograman otak (Neuro Linguistic Programming) yang diterapkan dalam seting layanan konseling. Dengan Aplikasi SILAKON-NLP, dapat menyingkat proses konseling dengan menggabungkan tahapan rapport building konselor-konseli dengan diagnostik modalitas konseli, sehingga waktu konseling bisa lebih singkat, proses konseling lebih mudah, dan pencatatan rekam konseling dapat secara otomatis bersamaan dengan pelayanan dilakukan. (msm)

Uji Coba Aplikasi SILAKON-NLP (Asesmen Layanan Konseling Berbasis Neuro Linguistic Programming) kepada Guru Bimbingan Konseling SMK Negeri 1 Kademangan Blitar

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *