PAV News, Kamis, 14 September 2023. Program studi Penyuntingan Audio dan Video mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) dengan tajuk Pelatihan Aplikasi SILAKON NLP (Sistem Layanan dan Asesmen Konseling Berbasis Neuro-linguistic Programming) untuk Meningkatkan Layanan Konseling di sekolah. Kegiatan PkM kali ini bekerjasama dengan Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) SMK Negeri dan Swasta se Kabupaten Blitar. Kegiatan dibuka langsung oleh direktur Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar, Dr. Drs. Halid Hasan, M.Strat.HRM. Dalam sambutannya, direktur menyampaikan bahwa kegiatan PkM seperti ini merupakan bentuk transformasi nilai dan manfaat dari pendidikan tinggi kepada masyarakat. “Dengan adanya kegiatan PkM kali ini, harapannya dapat memudahkan pekerjaan bapak/ibu di sekolah, sehingga siswa dari ruangan BK keluar dengan senyuman, sudah saatnya guru BK menjadi motivator sekolah” tambahnya disertai tepuk tangan peserta.

Risma Listiswati, S.Pd., selaku ketua MGBK SMK kab. Blitar dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan adanya tambahan kompetensi dan kolaborasi antara AKN Blitar dengan MGBK bisa menghilangkan stigma guru BK yang selama ini dianggap sebagai polisi sekolah. “Pelatihan aplikasi ini harapannya dapat memudahkan para guru BK melakukan pelayanan konseling dan membantu proses dokumentasi konseling yang selama ini luput karena dilakukan secara manual, disisi lain kapasitas guru BK yang idealnya 150 siswa setiap guru, kenyataan di lapangan lebih bahkan ada yang mencapai 300 siswa setiap guru,” jelasnya (14/09/23).

Kegiatan ini diprakarsai oleh dosen dari Program Studi Penyuntingan Audio dan Video (PAV) yaitu Rafika Akhsani, M.Kom. (ketua PkM), dan Muchamad Saiful Muluk, M.Pd. (anggota), serta dosen dari Program Studi Administrasi Server dan Jaringan Komputer (ASJK), Prabowo Budi Utomo, M.Kom. (anggota). “Pembuatan aplikasi SILAKON NLP dan pelatihan NLP kepada guru BK SMK ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama antara AKN Blitar dengan MGBK SMK kab. Blitar, sekaligus sebagai bentuk pemenuhan tugas dosen unsur Pengabdian kepada Masyarakat,” tutur Rafika Akhsani. “Alhamdulillah, pada tahun 2023 ini, kami mendapatkan hibah PkM Kompetitif Nasional dengan skema Pemberdayaan Berbasis Masyarakat dari Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi Tahun Anggaran 2023,” tambahnya (14/09/23).

Sebelumnya, pengembangan aplikasi SILAKON NLP sudah diujicobakan pada tanggal 18 Agustus 2023 kepada guru BK di SMK Negeri 1 Kademangan Blitar. Aplikasi ini didesain mampu memetakan modalitas konseli berdasarkan input suara untuk melihat kecenderungan sub modalitas konseli. Ketika peta modalitas konseli sudah diketahui pada tahap diagnosis konseling, selanjutnya akan memudahkan penanganan masalah oleh guru BK pada tahap prognosis, treatment, evaluasi dan tindak lanjutnya. Selain itu, aplikasi ini juga merekam secara otomatis proses konseling, sehingga rekam konseling dapat dilihat dan dicetak untuk sesuai dengan keperluannya.(msm)

PkM Kolaboratif PAV dan MGBK SMK Kab. Blitar Melalui Pelatihan Konseling Berbasis NLP dengan Aplikasi Digital

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *